Arsip Kategori: Gadget

Bikin Konten Video dan Foto a la Heret Frasthio & Jimmy Indra

Sebelumnya saya pernah menulis tentang membuat konten video dan foto sebagai elemen pendukung artikel di blog, karena menjadi blogger zaman sekarang tidak bisa mengandalkan konten tulisan saja. Kebetulan banget, hari Sabtu 14 Januari kemarin ada talkshow menarik tentang membuat konten video dan foto yang menghadirkan Heret Frasthio dan Jimmy Indra.Ā Acara talkshow bertajuk How To Make Great Content on The Go! ini diselenggarakan di D’Labs by SMDV, Menteng, Jakarta.

Acara BlibliFriendsMeetUp menampilkan Heret Frasthio (sutradara & fotografer), Titra Saputra Salim (Seagate), Lani Rahayu (Communication Manager Blibli.com), Jimmy Indra (sutradara & fotografer), Timothy Oroh (MC). Foto: dokpri

Acara BlibliFriendsMeetUp menampilkan Heret Frasthio (sutradara & fotografer), Titra Saputra Salim (Seagate), Lani Rahayu (Communication Manager Blibli.com), Jimmy Indra (sutradara & fotografer), Timothy Oroh (MC). Foto: dokpri

Bagi yang belum tahu siapa Heret Frasthio dan Jimmy Indra (sebelumnya saya juga nggak tahu kalau tidak hadir di acara tersebut :D), keduanya ternyata adalah praktisi dunia advertising yang telah malang melintang selama 10 tahun membuat karya-karya visual. Hasilnya sering kita lihat di televisi, majalah, bahkan papan-papan billboard ibukota.

Baca lebih lanjut

Blogging Plus: Ngeblog Tidak Lagi Sekadar Menulis Konten

Sudah lama saya tidak mengisi blog. Bisa dibilang tepat satu bulan blog saya ini kosong sejak terakhir kali diisi tanggal 10 Desember 2016 yang lalu mengulas aplikasi Hooq. Kealpaan saya mengisi blog ini sebenarnya tidak bagus untuk menjaga traffic blog saya. Katanya sih supaya blog bisa diindeks Mbah Google, selain kontennya juga harus unik, ya harus sering dirawat alias diisi konten baru dengan rajin.

Aktivitas ngeblog jaman sekarang: selain memperkaya isi konten, juga harus bisa mengolah gambar dan foto, bahkan membuat video! (gambar: dokpri)

Aktivitas ngeblog jaman sekarang: selain memperkaya isi konten, juga harus bisa mengolah gambar dan foto, bahkan membuat video! (foto editing: Dina)

Bukan berarti selama satu bulan itu saya sama sekali tidak menyentuh laptop saya. Selama satu bulan itu, selain saya mendapatkan pekerjaan baru (iya, alhamdulillah saya kerja kantoran lagi šŸ™‚ sejak saya terakhir berdo’a di artikel ini), saya mengerjakan beberapa peer alias pekerjaan rumah, homework artikel untuk ditaruh di blog komunitas. Disebut peer karena selain itu merupakan kewajiban setelah mengikuti event yang diadakan komunitas tersebut, artikel blog yang ditulis juga dilombakan. Lumayan ‘kan, walaupun akhirnya saya tidak menang, saya menjadi terbiasa untuk membuat artikel yang saya tulis dengan sebaik-baiknya. Saya juga mau nggak mau jadi harus mempelajari hal-hal baru yang dulunya momok bagi saya. Apalagi semakin banyak blogger baru bermunculan dengan tulisan dan konten yang lebih kreatif. Analoginya seperti laptop yang memiliki Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor dengan kelebihan menjalankan berbagai fungsi dalam waktu bersamaan. Artinya, selain bisa menulis, saya juga harus bisa mengedit foto, membuat gambar sederhana, bahkan membuat video yang menarik jika ingin terus eksis di dunia blogging.

Baca lebih lanjut

Nonton AADC2 di Ponsel? Bisa…

Walaupun film Ada Apa Dengan Cinta 2Ā baru saja diluncurkanĀ bulan AprilĀ 2016 kemarin, tetapi para penggemarnya seperti masih belum puas untuk menontonnya lagiĀ (termasuk saya). Bagaimana tidak, karena kisahnya dekat dengan kehidupan remaja dan anak muda kota besar. Meskipun di kisah AADC 2Ā (saya singkat saja ya šŸ™‚ )para tokohnya seperti Cinta, Karmen, Milly dan Maura sudah menjadi ibu muda atau wanita dewasa dengan setting masa kini, namun film ini muncul seolah sebagai pengobat rasa kangen bagi mereka yang melewati masa remaja dengan menonton AADC edisi pertama dan ingin mengetahui kelanjutan cerita para tokoh setelah lulus SMA. Selain itu, ending cerita yang masih mengambang pada AADC pertama membuat penonton tidak sabar ingin mendapatkan akhir cerita yang membahagiakan dalam kisah AADC 2.

Nonton AADC 2 di HP melalui aplikasi HOOQ seperti yang saya lakukan ini bisa koq ;). (foto: dokpri)

Nonton AADC 2 di HP melalui aplikasi HOOQ seperti yang saya lakukan ini bisa koq ;). (foto: dokpri)

Berhubung film AADC 2 sudah tidak nongol lagi di bioskop, saya memang ‘terpaksa’ rada sabar sih untuk menunggu film tersebut diputar lagi, biasanya di layar kaca alias televisi swasta seperti AADC pertama. Atau biasanya, pusat-pusat kebudayaan suka ada yang memutarkan film tersebut seperti di gedung kantor tempat saya dulu pernah bekerja. Tapi, waktu itu saya nggak kesampaian nonton AADC 2 di auditorium gedung kantor lama saya karena jam tayangnya kemaleman.

Baca lebih lanjut

Piranti Multifungsi untuk Aktivitas Multitasking

Tidak pernah terbayangkan pada zaman sekarangĀ ini melakukan pekerjaan dan hobi tanpa laptop. Berhubung aktivitas saya, baik itu pekerjaan maupun hobi, selalu ada kaitannya dengan data, tulis-menulis, ketik-mengetik, maka memiliki sebuah laptop yang berkualitas baik sudah menjadi kewajiban.

Kenangan sewaktu masih bekerja kantoran: dari presentasi ke presentasi, memerlukan laptop yang berkualitas baik agar hasil presentasinya juga oke. (foto: dokpri)

Kenangan sewaktu masih bekerja kantoran: dari presentasi ke presentasi, memerlukan laptop yang berkualitas baik agar hasil presentasinya juga oke. (foto: dokpri)

Baca lebih lanjut

Blogger dan Internet: Tidak Terpisahkan!

Menulis blog bagi saya artinya menuangkan berbagai pemikiran yang terkumpul di kepala saya, setelah mendapatkan sebuah ide. Berhubung menulis sudah menjadi kebutuhan (kalau seminggu nggak nulis itu rasanya hati gelisah, he he…), makaĀ ide buat saya bisa datang dari mana saja. Bisa ketika saya sedang mengikuti sebuah event, membaca sebuah artikel di blog lainnya, menyimak berita terkini di televisi atau kanal berita online, bahkan hal yang ringan-ringan seperti menonton video YouTube.

Kegiatan nge-blog sambil berinternet, merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. (foto sumber: huffingtonpost.com)

Kegiatan nge-blog sambil berinternet, merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. (foto sumber: huffingtonpost.com)

Terakhir, saya membuat satu artikel panjang mengenai tokoh First Lady Gedung Putih gara-gara habis menonton trailer film Jackie di YouTube. Itu pun dilakukan tidak sengaja karena saya sedang iseng saja browsing film-film terbaru yang biasanya suka ditampilkan di sana sambil menjelang tidur malam. Browsing-nya biasanya pakai HP, karena toh kalau sudah mengantuk tinggal diletakkan di samping tempat tidur tanpa perlu menegakkan badan lagi ;p. Dasar pemalas ya saya…

Baca lebih lanjut